Menu

Karakteristik ” Bahan Drill ” Dan Cara Merawatnya


Bahan Drill – Bahan atau kain yang diproduksi oleh pabrik terdiri dari berbagai jenis dan karakteristik yang berbeda-beda. Salah satunya adalah bahan drill. Kain drill adalah kain atau bahan yang mempunyai tekstur pintalan diagonal atau miring dan jalinan benang yang kuat. Sedangkan bahan dasar untuk membuat kain drill adalah katun atau polyester.

BAHAN-DRILL

Bahan drill kebanyakan mempunyai warna cenderung berwarna khaki. Warna khaki adalah warna debu atau cokelat. Sehingga pada dahulu kain drill banyak digunakan untuk bahan seragam tentara agar dapat mengkamuflase atau menyamarkan pakaian tentara pada saat terjadinya perang dunia ke dua.

Saat perang telah selesai, masih ada beberapa tentara menggunakan pakaian bahan drill untuk sehari-hari. sehingga kain drill mulai dilirik oleh para desainer dan menciptakan pakaian kasual atau sehari-hari dari kain drill. Saat ini umunya bahan drill digunakan oleh konveksi seragam untuk membuat seragam kerja, pakaian dinas lapangan, jaket almamater, pakaian olahraga, rompi, blouse, blazer, baggy pants, rok celana, hingga tote bag dan masih banyak lagi lainnya.


Karkateristik bahan drill


Bahan drill mempunyai ciri-ciri yang cenderung berwarna debu, memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda berdasarkan jenisnya, bertekstur garis miring, permukaan bagian depan dan belakang yang berbeda namun cukup lembut, kuat dan kokoh, dan tidak mudah kusut.


Jenis bahan drill


Bahan drill terdiri dari beberapa jenis yang mudah ditemukan toko-toko kain di pasaran. Setiap jenisnya juga mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis kain drill antara lain:

  1. Twist Drill

Twist drill atau disebut juga dengan twill drill mempunyai sifat tahan air sehingga sulit ditembus air. Serat kain twist drill juga tergolong kecil. Jenis kain twist drill biasa digunakan di luar ruangan seperti sebagai jaket almamater.

  1. American Drill

American drill mempunyai serat lebiih besar daripada twist drill. American drill bersifat lebih lembut karena terbuat dari katun dan polyester. Jenis American drill juga sering dan cocok sebagai bahan jaket almamater atau seragam.

  1. Japan drill

Japan drill mempunyai serat yang paling besar dibandingkan dua jenis di atas sehingga bersifat lebih kuat dan tebal. Japan drill dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dibanding jenis bahan drill lainnya karena konsentrasi serat  katun yang lebih tinggi. Akan tetapi bahan yang tebal ini tetap sejuk saat digunakan. Sedangkan dari segi kemampuan untuk menyerap air atau keringat Japan drill dapat menjadi kain yang direkomendasikan.  Kain drill sering digunakan sebagai bahan dasar model seragam lapangan.

  1. Hisofy Drill

Hisofy drill mempunyai tingkatan lebih tinggi dari Japan drill. Tekstur hisofy drill memang dapat dikatakan mirip  dengan jenis Japan drill, namun hisofy drill lebih lembut dan lemas. Hosofy drill sangat cocok digunakan pada daerah beriklim tropis seperti Indonesia karena bersifat sejuk dan nyaman. Namun hisofy drill juga mempunyai kekurangan yaitu pilihan warna yang terbatas.

  1. Castilo Drill

Castilo drill sangat cocok dijadikan seragam berharga ekonomis dengan kualitas yang cukup bagus. Castilo drill mempunyai sifat tidak mudah kusut, lembut, tenunannya yang kuat dan rapat sehingga dapat lama.

Lihat juga : Bahan Kain Florida Drill


Kelebihan dan kekurangan bahan drill


Setiap jenis kain mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing termasuk juga bahan drill. Hal yang harus diperhatikan saat memilih kain adalah jenis pakaian yang akan dibuat, desain pakaian, tempat pemakaian misalnya indoor atau outdoor.

Kelebihan bahan drill

Bahan drill mempunyai kelebihan yang terbilang unik dan cocok digunakan untuk acara resmi atau casual. Berikut ini adalah keunggulan dari bahan drill antara lain:

  1. Awet

Dibandingkan dengan jenis bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat seragam seperti kanvas, cotton, tropical, dan lain sebagainya, bahan drill merupakan bahan yang awet. Namun hal tersebut juga dipengaruhi oleh cara pencucian, lama kain, dan lain sebagainya.

  1. Tekstur unik

Jika dilihat secara detail akan terlihat tekstur pintalan yang membentuk alur diagonal atau garis miring pada permukaan kain drill. Untuk sebagian orang tekstur tersebut dianggap sangat menarik, unik, dan berbeda dari kain lainnya.

  1. Warna tidak mudah pudar

Warna kain drill terbilang sangat awet. Jika proses pencucian dan penjemuran dilakukan dengan benar, maka warna kain drill akan selalu terlihat fresh walau telah lama digunakan.

  1. Tidak mudah kusut

Salah satu keunggulan lain yang paling diminati dari bahan drill adalah tidak mudah kusut. Sehingga tidak perlu lagi merapikan kain dalam aktivitas sehari-hari.

  1. Bervariasi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahan drill mempunyai tiga tingkat ketebalan berdasarkan ukuran seratnya. Sehingga konsumen lebih mudah memilih sesuai dengan kebutuhannya misalnya seragam lapangan atau pakaian casual.

  1. Kuat dan kokoh

Kain drill merupakan kain yang kuat dan kokoh. Sehingga sangat cocok untuk seragam lapangan, rentan terhadap panas seperti koki atau chef, dan lain sebagainya.

  1. Adem

Serat benang kain drill memang terbilang cukup tebal. Namun kain ini cenderung dingin, sehingga tetap nyaman saat digunakan.

  1. Menyerap keringat dengan baik

Kain drill memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dengan sangat baik. sehingga dapat terasa sejuk dan dingin saat digunakan.

Lihat : 12 desain kemeja keren buat kamu


Kekurangan bahan drill


Selain keunggulan bahan drill yang telah dijelaskan di atas. Berikut ini adalah kekurangan dari bahan drill antara lain:

  1. Jenis tertentu mudah pudar

Jenis bahan drill yaitu American drill mempunyai kekurangan warnanya yang dapat lebih mudah pudar dibandingkan dengan jenis lainnya.

  1. Cukup berat

Jenis bahan drill adalah bahan yang mempunyai serat tebal sehingga juga berpengaruh pada berat kain. Bagi sebagian orang menganggap jenis kain drill sedikit berat saat dipakai.

  1. Tergolong kain yang mahal

Seperti bahan drill jenis Japan drill yang dibanderol cukup mahal karena mengandung katun yang tinggi.

Baca juga : Cara kerja bordir komputer untuk pembuatan seragam


Cara merawat bahan drill


Cara perawat bahan drill terbilang cukup mudah dibandingkan dengan jenis bahan lain. Namun agar bahan menjadi tetap awet dan selalu terlihat baru terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti di bawah ini:

  1. Mencuci

Bahan drill dapat dicuci menggunakan mesin cuci atau manual dengan tangan. Namun akan lebih baik jika dicuci menggunakan tangan saja untuk menghindari risiko kerusakan pada serat kain.

  1. Menjemur

Bahan drill sebaiknya dijemur pada tempat yang sejuk dan teduh. Hindari menjemur kain drill di bawah sinar matahari langsung agar warnanya tidak mudah pudar. Saat menjemur juga sebaiknya pakaian dibalik keluar agar warna lebih tahan lama.

  1. Menyetrika

Menyetrika bahan drill sebaiknya dilakukan saat kondisi lembab. Sehingga dapat lebih memberikan efek halus untuk permukaan kainnya. Saat menyetrika juga jangan menggunakan suhu yang terlalu panas agar serat kain tidak mudah rusak. Akan lebih baik jika menyetrika menggunakan setrika uap agar pakaian lebih awet.

Di lihat448 kali

Desain Kemeja Seragam

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Baju Kerja Merah Kombinasi Hitam List Putih Code SKPD -04
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Baju Kerja Kantor SKPD – 03 Kombinasi List Samping
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDesain Baju Kerja Code SKPD – 02 Untuk Bebagai Macam Kebutuhan Seragam
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangCode SKPD 01 – Kombinasi 2 Warna Bisa Di Edit
HargaRp (Hubungi CS)
Lihat Detail