6 Cara Mengetahui Ukuran Baju Dari Berat Badan

Ketika anda membeli baju, anda pasti akan melihat deskripsi dimensi ukuran yang tersedia. Baik itu size S, M, L, atau XL. Ukuran tersebut menjadi size yang umum di gunakan untuk membedakan besar kecilnya ukuran pakaian. Tetapi jika anda tidak dapat memperkirakannya secara tepat anda bisa mencari tahu cara mengetahui ukuran baju dari berat badan.

Cara Mengetahui Ukuran Baju Dari Berat Badan
hellosehat.com

Saat anda membeli baju, selain melihat ukuran yang tersedia anda pasti mengecek kesempurnaan baju tersebut. Anda perlu memastikan baju yang akan anda beli bukan barang reject seperti terkena noda atau lainnya. Contohnya jika tidak teliti anda telah membeli baju yang terkena noda minyak, anda perlu mengetahui cara menghilangkan noda minyak di baju.

Cara Mengetahui Ukuran Baju Dari Berat Badan

Pengukuran size baju adalah hal yang penting, agar baju yang anda pakai sesuai dengan keinginan anda. selain itu pengukura size baju berguna untuk meminimalisir risiko baju kebesaran atau kekecilan. Untuk mengetahui cara mengetahui ukuran baju dari berat badan, mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Memastikan ukuran badan dengan tepat

Cara yang pertama adalah memastikan ukuran badan anda dengan tepat. Hal ini akan memudahkan anda saat memperkirakan ukuran baju yang akan anda beli. Perlunya memastikan ukuran badan karena di setiap toko pakaian memiliki size yang berbeda-beda.

Caranya anda bisa memulai menghitung ukuran lebar dada berapa senti, ukuran lebar pinggang, panjang baju, panjang lengan dan lain-lain. Dalam mengukurnya, jangan gunakan alat ukur tidak baku seperti jengkal tangan. Lebih baik gunakan alat ukur yang baku seperti pita meter.

Ketahui bahan baju yang akan di beli

Cara yang kedua yaitu mengetahui bahan baju apa yang akan anda beli. Sebelum membeli baju, anda perlu memastikan bahan kain pada baju tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi kain lebih mudah susut ataukah mudah melar. Seperti pembuatan baju yang berbahan kaos yang mudah melar berbeda dengan bahan katun.

BACA JUGA:  Bahan Baju Kaos yang Bagus dan Paling Direkomendasikan

Bahan katun atau crepe tidak memiliki daya melar atau daya susut. Sehingga anda bisa memilih size yang sesuai dengan ukuran tubuh anda. Cara untuk mengetahuinya yaitu dengan melihat label pada baju, menanyakan bahan pada penjual. Atau jika anda sudah paham berbagai macam bahan kain, anda bisa mengira-ngiranya saja.

Memilih model baju yang tepat

Cara yang ketiga yaitu memilih model baju dengan tepat. Maksudnya yaitu model baju yang anda pilih harus anda sesuaikan dengan tipe tubuh anda. Misal ketika anda membeli baju di toko online, ilustrasi model baju yang di pasangkan sangat cocok saat di pakai seorang model di gambar tersebut.

Karena setiap orang memiliki postur tubuh yang berbeda, jadi kemungkinan ada perbedaan jika anda yang memakainya. Maka dari itu anda perlu memperkirakan model baju yang sekiranya tepat untuk orang gemuk atau orang yang langsing.

Memilih warna baju yang cocok

Cara yang ke empat yaitu memilih warna baju yang cocok dengan diri anda. Antara warna baju dengan model baju yang akan anda beli masih terdapat keterkaitan. Di mana warna baju yang anda pilih mempengaruhi penampilan anda.

Misalnya anda memiliki warna kulit yang gelap, namun anda lebih memilih warna dan model yang nyentrik. Contoh lainnya yaitu ketika anda memilih baju biru dongker cocok dengan jilbab warna apa, poin pencocokan ini juga menjadi salah satu yang bisa mempengaruhi style berpakaian anda.

Menggunakan patokan size chart

Penggunaan size chart adalah cara mengetahui ukuran baju yang cukup akurat. Biasanya size chart di sediakan oleh penjual baju di toko online agar para pembelinya bisa memperkirakan ukuran baju yang akan di belinya. Jika anda membeli baju di toko offline, biasanya tidak tersedia size chart untuk baju yang di jual.

BACA JUGA:  Jenis Pakaian Berdasarkan Fungsinya

Caranya hanya memperkirakan dengan menempelkan baju di badan anda, apakah pas atau tidak. Sebagai patokan atau pedoman anda saat membeli baju, di bawah ini tersedia size chart berdasarkan tinggi badan dan berat badan.

Kemeja/Kaos < 165 cm 166 – 175 cm 176 – 185 cm 185 – 190 cm
< 65 kg S M L XL
66 – 75 kg M L L XL
78 – 85 kg L XL XL XL
86 – 92 kg XL XL XL XL
93 – 100 kg XXL XXL XXL XXL

Gunakan alat ukur meteran kain

Jika beberapa cara di atas masih kurang memuaskan bagi anda yang ingin tahu cara mengetahui ukuran baju dari berat badan, anda bisa menggunakan bantuan alat ukur. Alat bantu ukur tersebut berupa pita meter yang sering di gunakan para penjahit dan konveksi untuk mengukur ukuran badan seseorang.

Penggunaan pita meter ini sangat efektif dan efisien untuk mengepaskan ukuran baju yang akan anda beli. Namun dalam metode pengukurannya, berilah toleransi ukuran lebih banyak sekitar 2 cm. Hal ini untuk berjaga-jaga ketika baju yang anda beli lebih sempit dari ukuran aslinya.

Itulah pembahasan mengenai cara mengetahui ukuran baju dari berat badan yang dapat anda coba. Dalam mengukur baju, anda bisa menggunakan bantuan size chart untuk ukuran baju indonesia. Karena banyak size chart yang mengikuti standar ukuran internasional.