11 Bagian Bagian Mesin Jahit, Komponen dan Fungsinya

Menjahit menjadi aktivitas yang berkenaan dengan menyambung kain untuk di buat pakaian atau kebutuhan rumah tangga lain. Bagi penjahit, pasti mengenal keseluruhan bagian mesin jahit. Seluruh bagian-bagian mesin jahit saat akan di pakai harus di cek satu persatu dengan memberi minyak pelumas. Tujuannya agar komponen mesin jahit selalu lancar saat di gunakan.

bagian bagian mesin jahit

Mesin jahit memiliki beberapa jenis yang di bedakan menurut kebutuhan. Contohnya mesin jahit manual, mesin jahit dynamo, mesin jahit obras, mesin jahit industry dan sebagainya. Mesin jahit merupakan pengembangan teknologi dari teknik menjahit tangan yang mana memiliki banyak macam macam tusuk jahit.

Bagian-Bagian Mesin Jahit dan Fungsinya

Dalam mesin jahit memiliki bagian bagian yang penting yang mana sebagai komponen penggeraknya. Semua bagian tersebut harus lengkap, jika salah satu komponen rusak maka hasil jahitan tidak akan bagus.

Untuk mengetahui apa saja bagian-bagian mesin jahit dan komponennya, mari kita simak pembahasannya sebagai berikut ini.

1. Dudukan jarum

Bagian-Bagian Mesin Jahit

Dudukan jarum berfungsi untuk tempat jarum jahit di pasangkan. Dudukan jarum ini memiliki lubang sebagai tempat untuk memasukkan jarum. Agar tidak mudah lepas, di samping kanannya ada tuas untuk mengencangkan atau mengunci jarum.

2. Sepatu mesin jahit

Bagian-Bagian Mesin Jahit

Sepatu mesin jahit ini terletak di bawah dudukan jarum. Gunanya untuk menjepit kain agar tidak meleset saat sedang di lakukan proses berlangsung.

Misalnya untuk menjahit pakaian maka bahan kain harus di jepit terlebih dahulu menggunakan sepatu jahit ini. Sepatu mesin jahit ini memiliki banyak jenis dan bentuknya. Masing masing sepatu mesin jahit memiliki fungsi yang berbeda dan di gunakan sesuai kebutuhan.

BACA JUGA:  Benang Katun Terbuat Dari Apa

3. Gigi mesin jahit

Bagian-Bagian Mesin Jahit

Bagian selanjutnya ada gigi mesin jahit. Gigi ini terletak di bagian bawah sepatu mesin jahit. Gigi ini berbentuk gerigi yang berfungsi sebagai penggerak kain.

Kain yang di jahit dapat berjalan ke depan karena bagian gigi ini ikut bergerak. Karena bagian ini penting, maka sebelum menjahit bagian gigi ini perlu di beri minyak pelumas khusus mesin jahit agar tidak seret.

4. Tuas pengatur jarak jahitan

Bagian-Bagian Mesin Jahit

Tuas pengatur jarak ini merupakan bagian penting yang berguna untuk mengatur jarak setikan pada jahitan. Tuas ini bisa di sesuaikan untuk kebutuhan renggang jahitan renggang maupun rapat.

Biasanya di lengkapi dengan putaran yang berisi angka-angka penunjuk. Tuas pengatur jarak ini berada di tengah bodi mesin jahit.

5. Roda spool

Roda spool merupakan sebuah roda spool yang di gunakan untuk membantu dalam mengisi benang jahit pada spool. Cara kerja roda spool ini anda bisa memasukkan spool pada besi kemudian sembari mengisi benang pada spool anda bisa menggerakkan mesin jahit.

Benang akan menggulung dengan cepat untuk mengisi spool tersebut. Penggunaan spool ini lebih efisien dan tidak memakan banyak waktu untuk menggulung benang di spool.

6. Spool

Bagian-Bagian Mesin Jahit

Spool berfungsi untuk menggulung benang. Penggulungan spool biasanya menggunakan bantuan roda spool. Gulungan spool ini berguna untuk mengisi jahitan di bagian bawah. Cara pemasangannya yakni spool di masukkan ke dalam wadah kecil yang terbuat dari besi bernama sekoci.

7. Sekoci

Bagian-Bagian Mesin Jahit

Sekoci merupaka bagian mesin jahit yang di gunakan untuk tempat meletakkan spool. Sekoci memiliki penahan spool di bagian luarnya. Sekoci yang telah di isi spool kemudian di masukkan ke dalam tempatnya yang berada di bawah mesin jahit, atau lebih tepatnya berada di balik mesin jahit yang bernama rumah sekoci.

BACA JUGA:  Apa Saja Macam Macam Tusuk Jahit, Ini Ulasan Lengkapnya

8. Roda imbang

Bagian-Bagian Mesin Jahit

Roda imbang berbentuk roda yang dapat berputar. Letaknya di sebelah kanan mesin jahit. Roda ini berfungsi sebagai penggerak mekanisme mesin jahit. Pada mesin jahit manual, roda  imbang di pakai untuk memulai dan memberhentikan jahitan dengan menggunakan tangan. Berbeda dengan mesin jahit otomatis yang pada roda imbang ini tidak perlu di berhentikan dengan tangan.

9. Pedal mesin jahit

Bagian-Bagian Mesin Jahit

Pedal mesin jahit ini merupakan salah satu bagian mesin jahit yang ada di bawah. Fungsinya sebagai pijakan untuk menjalankan mesin jahit agar roda imbang bisa berputar. Pedal mesin jahit ini bisa berupa pedal manual ataupun pedal otomatis seperti dinamo. jika pedal dynamo di perlukan aliran listrik agar bisa bergerak.

10. Tiang dudukan benang

Bagian-Bagian Mesin Jahit

Tiang dudukan benang ini merupakan komponen mesin jahit yang terletak di paling atas. Fungsinya sebagai tempat untuk meletakkan gulungan benang untuk bahan menjahit. Setelah benang di letakkan di tiang ini, ujung benang di alirkan menuju pos benang atau lubang di tepi mesin jahit. Gunanya agar benang tidak mudah lepas dari tempatnya.

11. Linden

Bagian-Bagian Mesin Jahit

Linden berupa tali elastic yang menghubungkan roda imbang bagian atas dengan roda imbang bagian bawah. Mekanisme ini dapat di temukan pada mesin jahit manual. Jika pada mesin jahit otomatis, linden yang di butuhkan berbentuk karet yang ukurannya lebih kecil, yang mana menghubungkan roda imbang atas dengan mesin dinamo.

Itulah pembahasan mengenai bagian bagian mesin jahit yang dapat anda ketahui. Menilik dari komponen mesin jahit ini telah di kembangkan sejak zaman kuno yang dulunya menggunakan mesin jahit klasik.

Kini sudah banyak mesin jahit yang digunakan oleh industri garment atau jasa konveksi seragam, yang mana mesin lebih canggih dan memiliki beragam model jahitan contohnya mesin jahit portable.

error: Content is protected !!