Benang Katun Terbuat Dari Apa

Dalam proses menjahit pasti tidak luput dari alat dan bahan yang di gunakan untuk menjahit. Penggunaan alat dan bahan utama adalah jarum dan benang yang masih memiliki macam-macam jenisnya. Terlebih pada benang sebagai bahan perekat yang dapat digunakan untuk membuat dari bahan alami maupun sintesis. Contohnya pada benang katun terbuat dari tumbuhan kapas.

Benang Katun Terbuat Dari

Kapas itu sendiri memiliki banyak manfaat selain di buat menjadi benang. Proses lanjutan bisa diubah menjadi lembaran kain katun yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian. Pakaian bagi manusia merupakan salah satu kebutuhan utama atau primer. Fungsi utama sebagai penutup tubuh. Selain itu, pakaian memiliki banyak model karena perkembangan zaman.

Benang katun terbuat dari apa?

Seperti pada namanya, penyebutan katun sendiri merawat pada yang berasal dari kapas. Kapas banyak di manfaatkan sebagai bahan baku pembuatan segala bahan tekstil. Sehingga benar adanya jika pernyataan benang katun terbuat dari kapas. Untuk mengenal lebih jauh mengenai benang katun, Anda bisa menyimak pembahasannya di bawah ini.

1. Mengenal benang katun

benang katun

Benang katun adalah serat memanjang yang sering di gunakan untuk menjahit mana benang katun terbuat dari bahan serat kapas. Benang katun dahulunya di olah secara manual menggunakan alat pemintal tradisional. Prosesnya membutuhkan waktu yang lama yakni dengan di pilah hingga bersih dan serat kapas di sejajarkan. Serat kapas yang telah rapi siap untuk di pilin atau di puntir agar serat tersebut bisa menjadi kuat dan lebih rapi.

2. Istilah benang katun

Benang yang kuat buat dari bahan kapas, yang memiliki pakaian fisik yang, lembut dan mudah di potong. Benang katun tradisional lebih memiliki tekstur yang lebih kasar karena prosesnya di buat dengan tangan. Benang katun pada masa dulu buat kain namun dengan alat tenun manual.

Sedangkan di masa kini, benang katun untuk proses menggunakan alat yang canggih. Bahkan telah di kembangkan menggunakan alat pemintal benang skala besar di pabrik. Berbeda dengan cara tradisional, cara modern membuat tekstur benang katun menjadi semakin halus. Serta mudah di kembangkan menjadi banyak jenis dengan tambahan bahan baku selain kapas.

3. Kegunaan benang katun

benang katun

Benang katun jadi dapat di gunakan sebagai bahan utama untuk menjahit. Caranya dengan mengaitkan benang katun ke dalam lubang jarum. Penjahitannya bisa dilakukan dengan cara manual atau menggunakan mesin jahit. Penggunaan benang katun juga tergantung jenis kain yang di jahit.

Selain itu, benang katun masih setengah jadi, dapat lebih lanjut menjadi kain katun. Proses ini di lakukan di sebuah pabrik tekstil pembuatan kain katun. Benang katun yang telah berubah dari proses soft winder akan menjadi lembaran kain yang dinamakan proses tenun atau penemuan.

Bahan kain katun dapat menjadi berbagai pakaian untuk kebutuhan pakaian manusia sehari-hari. Misalnya untuk pembuatan seragam kerja, kaos, dan pakaian lainnya. 

4. Macam-macam benang katun

Benang katun di buat menjadi bermacam-macam jenis. Hal tersebut bertujuan untuk kebutuhan tekstik yang mana yang memiliki tekstur bahan yang berbeda-beda. Berikut adalah macam-macam benang katun:

  • Benang katun biasa. Benang katun biasa ini merupakan salah satu jenis yang umum di gunakan untuk menjahit pakaian. Benang katun biasa dengan tekstur yang tidak licin.
  • Benang katun bali. Benang katun bali merupakan jenis benang yang tidak 100% kapas. Namun ada percampuran bahan kapas dengan polyester. Benang ini lebih lembut dan kaku.
  • Benang katun halus. Jenis benang ini sering disebut benang katun lembut. Benang halus ini cocok untuk di gunakan untuk menjahit beberapa bahan yang halus seperti sweater, baju bayi atau yang lainnya.
  • Benang katun panda. Benang ini memiliki tekstur yang halus dan lembut di gunakan untuk sebagai bahan dasar pembuatan kaos kaki.
  • Anggrek benang katun. Benang anggrek ini termasuk benang yang lembut namun sering di gunakan sebagai bahan pembuat pakaian seperti baju, syal, dan lain-lain.
  • Benang katun kinlon. Benang ini memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan benang katun biasa. Teksturnya lembut dan hangat. Benang ini sering di pakai untuk merajut pakaian.
  • Benang katun minlon. Seperti halnya benang kinlon, benang minlon juga bertekstur halus dan lembut. Benang minlon dapat di buat untuk merajut, contohnya seperti membuat syal.

5. Cara pembuatan benang katun

benang katun

Benang katun di buat dari bahan kapas mentah yang kering di mana kadar airnya telah menyusut sekitar 7%. Kapas kemudian di simpan dan di bawa ke pabrik pengolahan benang katun. Kapas di bersihkan dan di pilih menggunakan mesin blowing. Kemudian di alirkan ke proses carding yang merupakan proses menjajarkan kapas dan di ubah menjadi kerat (silver).

Kapas kemudian di roving dengan yakni mendrafting kerat dan mulai di gulung hingga ke proses pemintalan benang / spinning. Yang terakhir ada proses winding di mana gulungan kecil dari spinning diindahkan menjadi gulungan besar menggunakan kap.

Itulah pembahasan mengenai benang katun terbuat dari serat kapas. Proses pembuatan benang katun pun sangat panjang. Benang katun memiliki manfaat yang sangat besar bagi manusia dan dunia tekstil. Hal itu di karenakan benang katun sebagai bahan baku utama pembuatan berbagai pakaian dan produk-produk lainnya.

BACA JUGA:  Apa yang di Maksud dengan Jahit Aplikasi
error: Content is protected !!