10 Nama Kain dan Daerah Asalnya Yang Ada Di Indonesia

Indonesia memiliki banyak warisan budaya yang mana salah satunya dalam bentuk kain. Kain tersebut bukan hanya sekedar kain biasa. Kain yang ada muncul di setiap daerah yang berbeda dan di barengi dengan karakteristik yang berbeda pula. Beberapa nama kain dan daerah asalnya telah tersebar luas dari Sabang hingga Merauke.

Nama Kain dan Daerah Asalnya

Kain-kain tradisional dahulunya sebagai bahan untuk membuat pakaian adat. Yang mana masing-masing kain di buat dari bahan yang berbeda. Baik terbuat dari kulit hewan maupun dari tumbuhan. Salah satu tumbuhan ntuk membuat kain katun adalah kapas. Tanaman ini sangat populer karena memiliki serat yang halus dan lembut.

Nama kain dan daerahnya

Banyaknya kain tradisional yang ada di penjuru nusantara menandakan bahwa indonesia adalah negeri yang kaya akan warisan budayanya. Berbagai kain memiliki ciri khas yang unik sehingga mudah di bedakan. Untuk mengetahui apa saja nama kain tradisional dan asal daerahnya, mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

1.      Kain Sutera Bugis dari Sulawesi Selatan

Kain sutera Bugis ini merupakan salah satu kain tenun yang berbahan dasar dari serat ulat sutera. Kain sutera ini berasal dari propinsi Sulawesi Selatan yang menjadi salah satu kain khas suku Bugis. Kain sutera ini memiliki beberapa jenis motif di antaranya motif ballo renni, motif ballo lobang, motif bombing, motif tettong hingga motif makallu.

BACA JUGA:  Ketahui Bahan Polyester dengan Beragam Kelebihannya

2.      Kain Tenun Ikat Dayak

Kain tenun ikat dari suku Dayak ini salah satu warisan budaya dari suku Dayak di Kalimantan. Dalam pembuatannya di buat dengan cara di tenun oleh perempuan Dayak yang mana sebelumnya harus melakukan ritual.