Nama Pakaian Adat Betawi dan Keunikannya

Ketika sekolah SD, pastinya sebagian besar dari anda pernah belajar mengenai pakaian adat yang ada di Indonesia. Salah satu pakaian adat yang popular adalah pakaian adat khas suku Betawi. Nama pakaian adat Betawi yang familiar dipakai oleh kaum pria adalah baju sadariah dan baju ujung serong. Memiliki desain yang sederhana menjadi ciri khas dari adat suku Betawi.

Nama Pakaian Adat Betawi

Nama Pakaian Adat Betawi

Pakaian adat Betawi yang ada biasanya dikenakan pada saat acara-acara daerah, atau acara besar di daerah Betawi. Namun tidak sedikit pula masyarakat Betawi mengenakan baju adat untuk kesehariannya. Untuk mengetahui informasi tentang nama pakaian adat Betawi, mari kita simak pembahasannya sebagai berikut.

1. Mengenal pakaian adat Betawi

 

Nama Pakaian Adat Betawi

Nama pakaian adat Betawi merupakan pakaian khas yang berasal dari suku Betawi yang terkenal di daerah DKI Jakarta. Pakaian adat di Betawi memiliki beberapa jenis untuk pemakaian pada kegiatan yang berbeda. Ada yang dipakai untuk kaum bangsawan dari Betawi, ada yang untuk acara formal/semi formal, dan ada pula yang dikenakan untuk sehari-hari.

Pakaian adat tersebut muncul sejak lama yang model pakaiannya terpengaruh oleh beberapa budaya asing. Contohnya seperti budaya Tiongkok, Arab, India dan Melayu. Hal tersebut di karenakan daerah Betawi dulunya menjadi tempat persinggahan oleh para pelabuh asing yang melakukan pelayaran/ekspediri ke daerah nusantara.

BACA JUGA:  Keunikan Pakaian Adat Sulawesi Tenggara

2. Jenis-jenis pakaian adat Betawi

Pakaian adat yang dikenakan masyarakat Betawi biasanya dibedakan menjadi beberapa kategori. Kategori tersebut didasarkan pada pemakaiannya untuk kegiatan apa. Misalnya baju keseharian berbeda dengan baju untuk acara acara formal. Berikut adalah jenis-jenis pakaian adat Betawi.

  • Baju sadariah

Nama Pakaian Adat Betawi