Apa Saja Macam Macam Tusuk Jahit, Ini Ulasan Lengkapnya

Menjahit tangan sering menjadi alternative ketika mesin jahit sedang rewel, atau hanya sekedar menjahit bagian kecil pada pakaian. Selain itu menjahit tangan juga di gunakan oleh para pengrajin seni sulam dengan menciptakan berbagai sulaman. Penyulam biasanya menggunakan berbagai macam tusuk jahit untuk menghasilkan karya cantiknya.

Macam Macam Tusuk Jahit,

Tusuk jahitan tidak hanya bisa dikerjakan dengan tangan, kini bisa ditemukan pada mesin jahit. Karena mesin jahit telah menjadi mesin jahit serbaguna yang dapat menjahit segala macam tusuk jahit. Misalnya untuk membuat seragam, dapat menggunakan beberapa jenis tusuk misalnya tusuk feston, tusuk tikam jejak atau lainnya.

Macam macam tusuk jahit

Tusuk jahit memiliki banyak jenis tusuk yang sering digunakan untuk menghias. Selain itu masing-masing tusuk jahit memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya seperti misalnya kain atau fungsi lain. Untuk melihat lebih jauh tentang macam macam tusuk jahit, mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

1. Tusuk feston

Tusuk feston adalah salah satu jenis tusuk jahitan yang memiliki jahitan yang rapi. Bentuk jahitannya berjejer rapi seperti pagar pembatas. Tusuk feston ini sering di aplikasikan untuk menjahit kain seperti lap, selimut, atau pakaian bayi. Selain itu, tusuk feston menjadi pilihan jenis tusuk jahit yang cocok untuk menjahit kain flannel seperti dalam pembuatan seni kerajinan flannel.

2. Tusuk jelujur

Tusuk jelujur adalah jenis tusuk jahitan yang sangat sederhana. cara jahitnya dengan memberikan renggangan di setiap jahitannya. Tusuk jelujur di pakan untuk menjahit percobaan jarum pentul sebelum di jahit dengan mesin jahit. Tusuk jelujur ini memiliki tiga jenis yakni tusuk jelujur biasa, tusuk jelujur dengan jarak tertentu dan tusuk jelujur renggang.

3. Tusuk tikam jejak

Tusuk tikam jejak adalah salah satu jenis dari beberapa macam tusuk jahit yang mana hampir mirip dengan jahitan mesin. Namun tusuk ini menggunakan jahitan tangan. tusuk ini juga sering di sebut sebagai tusuk balik. Tusuk tikam jejak dapat menggantikan jenis tusuk pada mesin jahit.

4. Tusuk silang

Tusuk silang adalah salah satu jenis jahitan yang di bentuk silang X yang berjejer. Tusuk silang ini mudah diaplikasikan pada kain strimin yang memiliki tekstur permukaan kotak-kotak. Untuk menjahitnya, anda hanya menyilangkan tusukan jarum dan benang pada kain. Yang menarik, hasil jahitan di permukaan atas berupa jajaran silang X, sedangkan bagian bawah kain seperti dua garis seperti tusuk jelujur.

5. Kain flanel Tusuk

Kain flanel Tusuk adalah jenis jahitan yang bentuknya hampir mirip dengan tusuk silang. Namun pada tusuk flanel ini di pakai untuk mengkelim ujung kain atau pakaian. Atau pengaplikasian lain pada tusuk flanel ini juga sering di gunakan sebagai penghias kain secara bersamaan dengan teknik menyulam.

6. Tusuk rantai

Tusuk rantai adalah jenis tusuk jahitan yang mirip dengan mata rantai besi. Tusuk rantai ini di buat dengan arah yang lurus atau membengkok, dan juga di variasikan dengan bulatan benang di atasnya. Sehingga hasil yang ditampilkan seperti rantai. Rantai tusuk sering digunakan untuk menghias kain same dengan motif-motif jahit tangan lainnya.

7. Tusuk tangkai

Tusuk tangkai adalah jenis tusuk jahit yang sering di gunakan dalam sulam hias. Tusuk ini sering pakai untuk membuat karakter tangkai atau batang bunga untuk variasi hiasan. Jahitannya berjejer miring dan rapat seperti anyaman tali. Usahakan, anda bisa mulai menjahit mundur dari arah kiri ke arah kanan. Tusuk tangkai dan juga tusuk rantai sering diaplikasikan untuk membuat batang bunga pada sulaman.

8. Tusuk simpul

Tusuk simpul adalah tusuk jahitan yang berbentuk bulatan benang berbentuk simpul. Tusuk ini sering buat sebagai variasi hiasan di permukaan kain atau sering di sebut variasi tusuk benang sulam. Untuk menjahit simpul simpul terdapat tiga langkah tusukan menggunakan jarum jahit tangan, kemudian anda bisa melilitkan benang pada jarumnya.

9. Tusuk pipih

Tusuk pipih adalah salah satu jenis dari macam tusuk jahit yang berbeda peran dari tusuk jahit lainnya. tusuk pipih ini sering di gunakan untuk membuat hiasan sulam pada permukaan kain. Yang mana di buat dengan pola-pola tertentu dan jahitannya menutupi permukaan pola tersebut.

10. Tusuk balut

Tusuk balut adalah salah satu tusuk jahitan yang mirip dengan tusuk feston, tetapi berbeda pengaplikasiannya. Tusuk balut ini sering di gunakan untuk membalut tepi kain atau lebih tepatnya untuk kelim. Jenis tusuk balut ini sangat mudah dalam pengerjaannya dengan menggunakan benang dari ujung kain yang satu hingga ujung kain yang lainnya.

11. Tusuk biku

Tusuk biku adalah salah satu jenis tusuk jahitan yang sering diaplikasikan pada jenis jahitan seperti zigzag. Tusuk jahit biku ini selain di jahit dengan jahitan tangan, juga dapat ditemukan pada mesin jahit all in one. Pada jahitan tangan, tusuk biku ini dapat di lakukan dengan cara membentuk tusukan seperti segitiga yang berjejer secara horizontal.

Itulah pembahasan mengenai macam macam tusuk jahit. Beberapa jenis tusuk jahit di atas dapat diterapkan pada jahitan apapun untuk jahitan utama atau jahitan variasi. Walaupun jenis-jenis tusuk jahit di atas sebagian besar di gunakan untuk teknik menyulam.

BACA JUGA:  Pengolahan Kapas Menjadi Benang di Sebut Apa
error: Content is protected !!