Home » Mengenal Seragam Koki dan Komponen Penggunaannya

Mengenal Seragam Koki dan Komponen Penggunaannya

Memasak adalah kegiatan yang sering di lakukan di rumah. Tidak ada pakaian khusus ketika memasak di rumah sendiri. Namun jika anda mengunjungi restoran pasti akan menemui koki masak yang mengenakan pakaian khusus. Pakaian tersebut merupakan seragam koki, di mana ada yang berwarna putih atau hitam dengan mengenakan topi koki.

Seragam Koki

Seragam koki menjadi salah satu pakaian profesi khusus di antara profesi lainnya. seragam memasak yang paling popular adalah chef coat yang berwarna putih layaknya seragam pilot. Warna putih di pilih untuk  menampilkan kerapian dan kebersihan ketikan memasak dan menyajikannya pada pelanggan restoran.

Contents

Seragam koki

Dalam memasak professional, seorang koki tidak hanya mengenakan seragam memasak saja. ada beberapa atribut untuk melengkapi seragamnya. Selain itu juga alat pelindung memasak seperti sepatu khusus dari karet tebal. Untuk mengetahui informasi seragam koki lainnya, mari kita simak pembahasan di bawah ini.

1.      Mengenal seragam koki

Seragam koki merupakan pakaian profesi khusus yang di kenakan oleh para koki atau chef professional. Bahan baju yang di pakai pun tidak hanya sekedar baju tipis, namun di pilih dari bahan tebal, mudah menyerap keringat dan dapat melindungi dari cipratan minyak panas di dapur. Pembuatan seragam tersebut memiliki beberapa model dan warna tergantung pada ketentuan seragam memasak tempatnya bekerja.

Selain mengenakan seragam, juga ada beberapa atribut lain yang di pakai bersamaan saat memasak. Mulai dari topi, pelindung badan/apron, hingga pelindung kaki. Semua seragam memasak di rancang untuk memberikan perlindungan kepada para koki saat memasak dari risiko yang mungkin terjadi di dapur.

2.      Macam-macam seragam koki

Seragam koki memiliki beberapa model desain dan warna. Namun keseluruhannya memiliki persamaan dalam karakter baju memasak. Model pakaian memasak sangat berbeda dengan seragam brimob yang di pakai oleh para polisi saat dinas. Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah macam-macam seragam koki yang di dasarkan pada warnanya.

  • Baju warna hitam polos
  • Baju warna hitam kombinasi merah
  • Baju warna putih polos
  • Baju warna putih kombinasi hitam
  • Baju warna merah polos, dll.

3.      Komponen pemakaian seragam koki

Dalam pemakaian seragam koki ada beberapa komponen yang harus di pakai. Mulai dari pakaian dan atribut lainnya yang menunjang cara berpakaian seorang chef di suatu tempat. Berikut ini adalah beberapa komponen yang dapat di pakai bersama seragam koki.

  • Hat cook

Hat cook atau topi memasak merupakan pelindung kepala yang di gunakan para koki saat memasak secara professional. Topi koki ini memiliki beberapa bentuk sesuai dengan tingkatan jabatan seorang juru masak professional di suatu restoran. Misalnya hat cook dengan model tinggi, model rendah, model kopiah pendek, hingga ada yang berbentuk bulat biasa.

  • Apron

Apron merupakan nama lain dari celemek yang mana di pakai untuk melindungi badan saat memasak. Celemek ini memiliki model yang di pakai dengan cara mengalungkan ke leher dan kain menutupi badan bagian depan serta bagian belakang di ikat tali.

Celemek untuk koki biasanya di buat dari bahan yang cukup tebal, baik dari nylon, dari kain drill, atau dari bahan lain. Fungsi utamanya untuk melindungi dari cipratan minyak, bumbu atau kotoran lainnya saat memasak.

  • Chef jacket

Chef jacket merupakan pakaian utama yang di pakai untuk memasak. Chef jacket ini yang sering di sebut sebagai seragam koki dengan berbagai model.

Umumnya chef jacket ini memiliki warna polos dengan bahan yang tebal namun tetap dapat menyerap keringat. Chef jacket ini memiliki fungsi yang mirip dengan apron, yakni melindungi badan dari tumpahan atau terciprat bahan-bahan panas saat memasak.

  • Necktie

Necktie merupakan dasi leher yang di pakai oleh juru masak yang tujuannya untuk menyerap keringat di leher. Necktie untuk koki hampir mirip dengan necktie yang di pakai pramugari. Berbentuk scarf yang di ikatkan pada leher. Warna necktie atau dasi ini bebas tergantung dengan ketentuan tempat kerja.

  • Celana koki

Celana koki atau trousers merupakan celana yang di pakai oleh para koki yang menjadi bagian dari satu stel seragam koki. Celana ini umumnya berwarna hitam atau sesuai warna chef jacket dan modelnya nampak seperti celana panjang biasa pada umumnya. Namun ternyata celana koki ini di buat dari bahan yang tebal untuk melindungi kaki dari cipratan bahan panas.

  • Sepatu koki

Sepatu koki merupakan alas kaki khusus yang di pakai oleh koki saat memasak. Sepatu ini di buat dari bahan karet yang tebal, yang dapat melindungi kaki dari tertimpa benda-benda dapur seperti pisau, panci panas, atau bahan panas lainnya.

Sepatu ini di buat elastic untuk memudahkan gerak koki. Selain itu desain alasnya di buat kesat agar koki tidak mudah tergelincir saat memakainya.

  • Handuk kecil

Handuk kecil ini sebagai pelengkap seragam memasak yang sering di selampirkan di pundak atau di sematkan di apron. Handuk kecil ini berfungsi untuk pelindung tangan saat memegang alat masak yang panas. Fungsi lain juga bisa di pakai sebagai lap kotoran oleh bumbu-bumbu di dapur.

Itulah pembahasan mengenai seragam koki yang di kenakan oleh para juru masak professional. Seragam ini bisa di katakan wajib untuk di pakai bagi koki-koki. Selain untuk pelindung memasak, juga sebagai identitas profesi bagi kalangan chef atau juru masak di suatu usaha di bidang rumah makan.

By: Sintesa Konveksi Seragam

error: Content is protected !!